Rabu, 16 Februari 2011

Mencegah Virus dari Flashdisk Menginfeksi Komputer

Flashdisk merupakan salah satu media yang paling populer digunakan dalam menyimpan data. Alat penyimpan data yang satu ini sangat banyak diminati orang karena bentuknya yang kecil, ringan, praktis, bisa dibawa kemana-mana, dan kapasitasnya yang cukup besar. Namun dibalik kelebihannya itu, flashdisk juga merupakan sarana yang ampuh dalam menyebarkan virus dari satu komputer ke komputer lainnya. Pada waktu kita memasukkan flashdisk ke USB komputer kita, maka secara default windows akan langsung membuka task baru dengan fungsi Auto play. Banyak sekali virus yang menggunakan fungsi Auto Play ini untuk menyebarkan diri mereka dan kemudian menginfeksi komputer kita.

Cara yang cukup ampuh untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer yaitu dengan menonaktifkan fungsi Auto Play tersebut.

langkah-langkah untuk menonaktifkan fungsi Auto Play tersebut yaitu:

  • Klik Start – pilih run, ketik “gpedit.msc” tanpa tanda kutip
  • Pilih Computer Configuration – Administrative Templates
  • Lalu Pilih System, cari file Turn Off Auto Play dan klik double
  • Lalu centang pilihan enabled dan Turn Off Auto Play pilih All Drive
  • Lalu klik OK, Tutup dan restart

Cara lain untuk meminimalisir virus masuk ke dalam komputer adalah dengan cara mengaktifkan user Guest dan selalu login dengan user guest tersebut.

Karena dengan user Guest maka secara tidak langsung kita akan mematikan fungsi registry, karena Virus akan selalu manginfeksi file registry ini dan merubah value di dalamnya.

Catatan:
Sebelum membuka file dari flashdisk, terlebih dahulu bukalah anti virus kemudian scan flahdisk kita. Anda juga dapat meminimalisir virus masuk ke dalam komputer dengan selalu mengupdate anti virus secara rutin.

Untuk artikel lengkapnya bisa didownload disini

Semoga Bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar